Menurunkan Alexa Rank maupun
menaikkan Google Pagerank,
adalah dua obsesi bagi blogger atau admin website manapun yang telah
malang-melintang di belantara internet. Bahkan para pemula sekalipun,
terobsesi dua mantra ajaib jagat maya ini:
Alexa Rank dan
Google Pagerank.
Muara dari obsesi di atas hanya satu: menjadikan blog atau websitenya memiliki nilai ekonomis tinggi. Tak lebih dan tak kurang.
Kita tidak bisa menyalahkan sistem yang
sudah terbangun dan mulai mapan di ranah maya, bahwa suatu blog atau
situs memiliki eksistensi dan ‘nilai jual’, lantas menjelma
kredibilitas, dilihat dari seberapa peringkatnya diukur dari Google Pagerank maupun Alexa Rank.
Walaupun indikator berdasarkan dua mantra ajaib tersebut tidak
sepenuhnya mencerminkan akan kredibiltas suatu blog atau website.
Banyak situs berkredibilitas tinggi ditandai oleh semakin naiknnya Google Pagerank dan menurunnya Alexa Rank.
Namun demikian, sepanjang pengamatan amatir saya, tidak sedikit pula
situs dengan konten ala kadarnya di mana si admin obsesif terhadap
pemeringkatan, menggunakan segala macam cara agar Google Pagerank naik dan Alexa Rank turun
di situs yang dikelolanya. Banyak yang berhasil, namun tidak sedikit
pula menemui kegagalan, terhempas di jalan yang penuh dengan lubang dan
kerikil tajam.
Percayalah, kata kunci sebelum anda berpikiran bagaimana menaikkan Google Page Rank maupun menurunkan Alexa Rank adalah: kredibilitas. Baik kredibiltas suatu blog atau website di mata pembaca, maupun kredibilitas admin situs bersangkutan.
Bagaimana mungkin blog atau website
memiliki kredibiltas, sementara pembaca yang berkunjung ke situs anda
tidak mendapatkan nilai lebih atau faedah darinya? Anda mungkin bisa
mengelabui suatu sistem pemeringkatan dengan teknik-teknik tertentu.
Namun kembali lagi, bila suatu pengunjung kecewa dengan situs yang anda
kelola, jangan harap orang yang sama akan berkunjung kembali ke situs
anda.
Nilai lebih suatu situs ditandai oleh
kepuasan pengunjung manakala konten-konten situs yang anda sajikan
memiliki nilai manfaat. Manfaat itulah yang menjadikan pengunjung situs
anda loyal. Mereka yang mendapat asas manfaat itu tidak akan segan-segan
berkunjung kembali ke situs yang anda kelola. Anggap saja situs anda
sebuah warung. Dengan demikian, perlakukan pengunjung sebagai raja.
Dari gambaran di atas, sebelum kita jauh melangkah untuk menurunkan Alexa Rank dan menaikkan Google Pagerank, fokuskan pada semboyan: konten adalah raja (contens is the king) dan pengunjung adalah raja diraja (visitors is the king of king). Pengelola blog atau website pada dasarnya hulubalang belaka.
***
Ada seorang teman, kepala perwakilan
Indonesia sebuah situs belanja online manca negara, yang setiap kali
bertemu di kantor saya membicarakan
Alexa Rank atau Peringkat Alexa. Pendek kata, tiada hari tanpa
Alexa Rank. Suatu saat ia tersenyum (bangga) –dan tak jarang gampang mentraktir– dan menyatakan bahwa
Alexa Rank
situs belanja online-nya turun drastis. Namun, di banyak kesempatan
bertemu, ia lebih banyak menggerutu sembari jari-jemarinya tanpa sadar
diketuk-ketukkan pada kepalanya. Kata dia, “Mengapa
Alexa Rank situs saya terjun bebas seperti ini?” Kalau sudah begitu, sebuah pertanda tidak ada
free dinner.
Website belanja online teman saya di atas masih baru. Tentu saja Google Pagerank-nya masih 0 (nol) per 10 (sepuluh). Adapun Alexa Rank-nya sekian jutaan.
- Posting rutin (update) konten bermanfaat.
Melakukan publikasi rutin sebuah posting, katakanlah seminggu sekali
atau tiga hari sekali adalah cara tercepat, pula natural untuk
menurunkan Alexa Rank. Semakin rajin melakukan update, Alexa Rank
niscaya akan turun dengan sendirinya. Untuk sebuah situs belanja
online, tidak ada salahnya menyajikan posting beragam tentang tips
belanja, tips keuangan, tips tempat-tempat belanja, tips pariwisata dan
sebagainya. Atau posting lainnya yang masih setema dengan situs yang
dikelola. Dalam pandangan saya, selama ini para pengelola situs belanja
online tanah air masih berpikir inward looking (memandang ke dalam), dan kurang outward looking
(memandang ke luar). Maksudnya, hanya terfokus bagaimana barang atau
jasa yang dijajakan di situsnya laku belaka. Padahal tidak sesederhana
itu. Musti memiliki nilai lebih yang lain ketimbang yang lain. Kalau
inward looking, kita pada dasarnya memperlakukan pembeli selayaknya
benda atau jasa yang dibelinya. Nilai lebih itu antara lain menyajikan
suatu konten bermanfaat bagi seorang pengunjung. Membeli produk adalah
nomor dua. Nomor satu adalah beri dia kenyamanan dan nilai manfaat
dengan cara ia mendapatkan sesuatu dari posting rutin yang diterbitkan.
- Mendaftarkan diri atau registrasi di situs Alexa http://www.alexa.com.
Setelah terdaftar, dilanjutkan menyematkan widget Alexa milik sendiri
di sidebar atau halaman situs. Alexa juga menawarkan agar kita
menginstal Toolbar Alexa untuk browser yang
kita gunakan. Klik halaman toolbar di situs Alexa di atas. Ikuti saja
petunjuk-petunjuk cara penginstalannya hingga purna. Logika sedehana,
dengan memasang widget dan toolbar milik Alexa, maka blog atau website
kita akan dipantau terus-menerus olehnya.
- Membubuhkan komen di blog atau website lain.
Setiap hari, sebagai seorang admin blog atau website, niscaya kita
melanglang buana maya dengan mengunjungi blog atau website lainnya.
Tidak ada salahnya kita berkomentar sepatah duapatah kata atas posting
yang kita baca. Hindari penggunaan komentar one liner seperti: makasih,
thank, good dan sebagainya. Dengan membubuhkan komentar, di samping
memperbanyak backlink, juga mengundang admin dan pengunjung
blog atau website bersangkutan untuk penasaran melihat blog atau website
kita. Karenanya, komentar one liner seyogyanya dihindari.
Disarankan membuat komentar untuk menyanggah atau melengkapi posting
dengan argumentasi kuat. Pengalaman saya sendiri, komentar semacam
terakhir tidak diduga membuat pengunjung blog atau website tersebut
tergelitik mencari tahu tentang apa dan siapa pemberi komentar dimaksud.
- Menulis review tentang blog atau website. Pertama,
menulis di halaman review blog atau website kita di situs Alexa. Tidak
ada salahnya kita membujuk dan merayu teman, kenalan atau siapapun agar
berkenan menuliskan review tentang hal ikhwal blog atau website
bersangkutan. Semakin banyak orang menulis review di situs tersebut
sembari memberi rating bintang 4 atau 5, maka cenderung menurunkan Alexa Rank. Kedua,
membuat review blog atau website kita sendiri di situs-situs keroyokan
di mana kita terdaftar, forum, dan blog atau website lain yang kita
miliki. Hal ini memang jarang dilakukan admin blog atau website. Jika
bukan kita sendiri yang melakukan, tidak ada salahnya meminta orang lain
yang dikenal agar membuat review blog atau website kita.
- Tampil di Halaman Satu Google Pagerank. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitu pula bergandengan tangan dengan rutin update,
tanpa kita sadari jumlah posting yang dimiliki semakin hari bertambah
banyak. Dari sekian posting yang dimiliki, pastilah ada beberapa yang
tampil di halaman satu hasil pencarian kata kunci tertentu di mesin
pencari Google. Bila banyak pengguna internet mengunjungi blog atau
website kita berdasarkan rekomendasi mesin pencari, maka lalu lintasnya
cukup ramai. Berkorelasi dengan penurunan Alexa Rank. Lantaran, sesungguhnya indikator Alexa Rank
itu dimaksudkan untuk mengetahui ramai tidaknya pengunjung blog atau
website bersangkutan. Tentang bagaimana menaikkan Google Pagerank, sila
pembaca baca tulisan saya sebelumnya Menyingkap Rahasia Cara Menaikkan Pagerank.
Dari kelima
Cara Natural Cepat Menurunkan Alexa Rank, paling hakiki adalah cara pertama:
Posting rutin (update) konten bermanfaat. Fokuskan saja untuk melakukan teknik sederhana ini. Saya berkeyakinan, bukan saja
Alexa Rank blog atau website Anda turun, melainkan juga
Google Pagerank-nya akan naik.
Agar sebuah blog atau website mempunyai pengunjung cukup ramai, silakan baca saksama tulisan saya sebelumnya “Teknik Mengoptimalkan Situs untuk Menggaet Pembaca“.
Semoga posting ini bermanfaat.